Jumat, 12 Oktober 2012

Bebas Memilih Pekerjaan

Bebas Memilih Pekerjaan ditulis oleh : Nurul Musallamah 
Dalam dunia pekerjaan, berbagai macam profesi atau pekerjaan dan jabatan dibutuhkan oleh seseorang untuk mendapatkan penghasilan yang cukup dalam memenuhi kebutuhan hidup. 
Dari sekian banyaknya profesi atau pekerjaan yang digeluti seseorang, tidak semuanya sesuai dengan keinginan pribadi. Ada yang menjalani pekerjaan tersebut sesuai dengan yang di rencanakan sebelumnya, ada juga yang mendapatkan pekerjaan tidak sesuai dangan keiginannya atau hanya asal kerja dalam artian bekerja seadanya asalkan memperoleh uang. 
Indonesia merupakan negara demokrasi. Segala bentuk yang menyangkut hak pribadi seseorang di hormati negara. Sehingga di indonesia kebebasan memilih pekerjaan menjadi hak setiap manusia. Di Indonesia berbagai macam pekerjaan ada, dari menjual koran sampai "menjual kehormatan", dari jadi pengamen sampai jadi seorang presiden. 
Semuanya dijalani seseorang dari berbagai kalangan dan latar belakang yang berbeda-beda. Di Indonesia untuk memperoleh suatu pekerjaan sebenarnya bisa dikatakan gampang- gampang susah. Bisa gampang kalau seandainya orang tersebut mendapatkan suatu pekerjaan dengan cara yang mudah. 
Misalkan, orang yang melamar pekerjaan di suatu perusahaan atau instansi akan lebih mudah jika orang tersebut masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan pemilik perusahaan atau instansi, dibandingkan dengan orang yang tidak mempunyai hubungan kekerabatan dengan pemilik perusahaan atau instansi.
Mendapatkan suatu pekerjaan juga akan lebih mudah apabila orang tersebut termasuk dalam golongan orang yang cerdas atau memiliki suatu keahlian di suatu bidang yang berhubungan dengan suatu pekerjaan tersebut. Sebaliknya, bisa dikatakan susah apabila orang tersebut tidak meiliki suatu prestasi atau keahlian khusus.
Pada hakikatnya memilih pekerjaan adalah hak setiap manusia. Setiap manusia mempunyai hak untuk memilih jalan hidupnya sendiri untuk menemukan kenyamanan hidup. Dalam menentukan jalan hidunya, setiap orang memiliki cara sendiri-sendiri. Usaha dan perjuangan yang sungguh-sungguh akan menetukan keberhasilan seseorang dalam memperoleh suatu pekerjaan.(IB/95+).


EmoticonEmoticon