Rabu, 10 Oktober 2012

Berbakti Kepada Nusa dan Bangsa

Berbakti Kepada Nusa dan Bangsa ditulis oleh : Inayatul Maula 
Secara harfiah berbakti kepada nusa dan bangsa yaitu rasa menghargai, rasa menghormati dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat ia tinggal yang tercermin dari perilaku membela tanah airnya, menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya, mencintai adat atau budaya yang ada dinegaranya dengan melestarikannya dan melestarikan alam dan lingkungan. 
Kita sebagai warga negara harus memiliki sikap nasionalisme dan bela negara, dalam arti haruslah mendahulukan kepentingan bangsa dan negara dari pada kepentingan pribadi atau golongan. Setiap warga Negara harus turut serta menunjang pelaksanaan pembangunan nasioanal melalui berbagai kegiatan dengan bidangnya masing-masing, keikutsertaan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan nasional di antaranya rajin belajar bagi pelajar/mahasiswa, bekerja dengan tekun sesuai keahlianya, membayar pajak, memelihara hasil pembangunan, dan menciptakan situasi aman dan damai. 
Kegiatan masyarakat sangat beragam, kegiatan tersebut hendaknya menunjang pelaksanaan pembangunan nasional. 
Berbakti kepada nusa dan bangsa bisa dilakukan dengan berbagai cara, contohnya sebagai berikut : 
1. Ikut membela serta mempertahankan kedaulatan kemerdekaan bangsa dan Negara Indonesia dengan segenap tumpah darah secara tulus dan iklhas. 
2. Turut serta mengawasi jalannya pemerintahan dan membantu meluruskan yang salah sesuai dengan mekanisme yang berlaku. 
3. Membantu mengharumkan nama bangsa dan Negara Indonesia kepada warga Negara asing baik di dalam maupun di luar negeri serta tidak melakukan tindakan-tindakan yang mencoreng nama baik Indonesia. 
4. Beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk kemajuan bangsa dan Negara. 
5. Membantu mewujudkan ketertiban dan ketentraman baik di lingkungan sekitar kita maupun secara nasional. 
Sebagai pelajar kita harus mengisi kemerdekaan dengan belajar dan berprestasi di bidang akademik atau nonakademik sebagai bukti berbakti kepada nusa dan bangsa.(IC/95).


EmoticonEmoticon