Minggu, 21 Oktober 2012

Fluorescence Guided Surgery / Blue Ray

Teknik Blue Ray adalah teknik mutakhir atau terbaru dalam mengatasi tumor otak, yaitu mampu mengangkat tumor otak lebih banyak ketimbang cara biasa.
Ada tiga teknik untuk mengangkat tumor otak yang telah dikenal sebelumnya yaitu Rapid ARC, PET dan Gamma Knife. Kini telah hadir satu lagi teknik terbaru yaitu bedah mikroskopik dengan teknik Blue Ray.
Teknik Blue Ray ini sangat efektif dalam mendeteksi letak tumor otak secara tepat sehingga memungkinkan penyebab rusaknya jaringan otak ini terangkat dua kali lipat.
Teknik Blue Ray adalah teknik yang tergolong baru dalam mengatasi tumor otak. Teknik pada mulanya diperkenalkan oleh para dokter Jerman. Setelah melewati penelitian dan uji coba panjang, pada tahun 2008 lambat laun mulai dikenal.
Cara Kerja Teknik Blue Ray adalah dengan memasukkan sebuah alat berbentuk serbuk dalam tubuh, yaitu dengan cara mencampurkan serbuk tersebut dalam air lalu pasien meminumnya empat jam sebelum operasi.
Cairan yang telah diminum tersebut akan berpendar dan terlihat melalui lensa mikroskop, saat pasien siap dioperasi. Cairan akan berpendar dan berwarna merah dibawah lensa mikroskop jika ditemukan sel tumor dan akan berwarna biru jika bukan tumor. Dengan begitu maka batas antara sel tumor dan bukan tumor menjadi jelas.


EmoticonEmoticon