Rabu, 10 Oktober 2012

Bendera Indonesia Sang Saka Merah Putih

Bendera Indonesia Sang Saka Merah Putih ditulis oleh : Tyas Atikah 
Setiap Negara memiliki sejarah bendera mereka masing-masing yang di jadikan sebagai lambang Negara dan sebagai identitas negara.
Indonesia memiliki sebuah bendera yang berwarna merah putih, Bendera sang merah putih berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran lebar 2/3 (dua-pertiga) dari panjang serta bagian atas berwarna merah dan bagian bawah berwarna putih yang kedua bagiannya berukuran sama. 
Bendera tersebut adalah saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Bendera merah putih adalah bendera pemersatu bangsa Indonesia, bendera merah putih dijadikan simbol kemerdekaan bangsa Indonesia. 
Bahwa telah kita ketahui perjuangan para pahlawan tanah air dalam upaya merebut bendera merah putih tidaklah mudah, banyak cucuran darah yang mereka keluarkan demi merebut lambang neraga kita dari tangan para penjajah. 
Dengan bermodalkan bambu runcing, semangat yang membara, dan juga mengorbankan nyawa mereka demi menancapkan sang merah putih di tanah yang kita cintai ini. Bahwa telah kita ketahui, Bendera merah putih memiliki banyak arti penting yaitu merah berarti berani sedangkan putih melambangkan kesucian yang maksudnya adalah bahwa orang Indonesia bisa mencapai kemerdekaannya dengan berbekal keberanian, tekat yang kuat dan juga jiwa yang suci. 
Warna merah dan warna putih yang bersih dapat membangkitkan semangat warga Indonesia dalam hal apapun dan juga warna merah di ibaratkan seperti kobaran api yang membara, maksudnya seperti perjuangan para pahlawan yang tidak pantang menyerah dalam usaha merebut dan memerdekakan negara RI. 
Sedangkan putih adalah warna kedua yang ada dalam bendera Indonesia, suci di ibaratkan netral dan tidak memihak, suci juga berarti bersih tanpa noda maksudnya sepeti jiwa sang bersih. Bendera merah putih di jadikan lambang semangat para pahlawan, maka dari itu kita wajib menghormati mereka dengan meneruskan perjuangan mereka di masa sekarang dan masa mendatang, mulai dari hal terkecil sampai hal terbesar yang bisa kita lakukan.(IB/95).


EmoticonEmoticon