Kamis, 04 Oktober 2012

Menjadi Pendengar Yang Baik Dalam Komunikasi

Komunikasi adalah aktivitas yang setiap hari kita lakukan baik itu dirumah maupun dikantor dengan rekan. Pada saat terjadinya proses komunikasi, adakalanya kita menjadi pembicara adakalanya kita sebagai pendengar. 
Aktivitas sebagai pendengar yang mendengarkan pesan dalam komunikasi terlihat begitu mudah, namun tidak semua orang dapat menjadi pendengar yang baik
Dalam komunikasi dengan orang lain, tidak akan terasa hangat dan bermakna jika tidak dilakukan dengan baik, yaitu menjadi pembicara yang baik dan menjadi pendengar yang baik.
Tips menjadi pendengar yang baik dalam komunikasi antara lain :
1. Mendengarkan dengan konsentrasi
Maksudnya adalah mendengarkan pembicaraan dengan penuh konsentrasi, tidak sekedar diam, tidak memikirkan hal-hal lain diluar pembicaraan.
2. Mendengarkan dengan penuh perhatian
Maksudnya adalah memperhatikan betul perkataan lawan bicara. Yang dapat dilakukan misalnya adalah dengan ekspresi mata yang tertuju dengan lawan bicara.
3. Mendengarkan dengan senang hati
Maksudnya adalah ketika melakukan komunikasi entah itu komunikasi yang menarik hati kita ataupun tidak tetaplah lakukan dengan senang hati, perasaan ini biasanya akan tercermin dalam senyuman sepanjang komunikasi, bukanlah senyuman yang terpaksa.
4. Mendengarkan dengan isyarat umpan balik
Maksudnya adalah kita jangan sampai menyela pembicaraan sebelum lawan bicara kita menyelesaikan bicaranya, isyarat umpan balik ini dapat dilakukan dengan isyarat menganggukkan kepala untuk merespon lawan bicara.
Demikianlah sedikit Tips Menjadi Pendengar Yang Baik, terima kasih.


EmoticonEmoticon