Selasa, 16 Oktober 2012

Dental Nurse : Non Operating Auxiliary (NOA)

Ada 4 Macam Tipe Perawat Gigi yang termasuk dalam Non Operating Auxiliary yaitu :
1. Dental Surgery Assistant
Nama lain dari dental surgery assistant adalah dental assistant, chairside dental assistant dan dental nurse
Fungsinya membuat pelayanan berjalan lebih baik, dengan membantu dokter gigi atau dentist. Secara tradisional bertanggung jawab terhadap manajemen alat-alat, material, sterilisasi, dan recycling antar pasien. 
Dulu pendidikannya dengan cara magang, sekarang melalui pendidikan formal, di Inggris harus ujian nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan dental assistant dalam pelayanan kesehatan gigi telah membuat produktivitas dokter gigi meningkat. 
2. Dental Secretary / Dental Receptionis
Pekerjaan dental secretari atau dental receptionis adalah membantu dokter gigi, melakukan pekerjaan kesekretariatan serta menerima pasien.
3. Dental Laboratory Technician
Dental laboratory technician adalah mereka bekerja di laboratorium. Membuat alat-alat gigi atas resep dokter gigi, misalnya protesa lepasan termasuk gigi palsu untuk rahang atas dan rahang bawah (full denture), membetulkan pekerjaan restorasi misalnya crown dan bridge untuk dipasang oleh dokter gigi. Di Inggris lama pendidikannya 3 sampai 5 tahun.
4. Dental Health Educator
Dental health educator adalah mereka yang menginstruksikan pencegahan penyakit gigi, mungkin juga diijinkan melakukan pekerjaan preventif dengan obat-obatan di dalam mulut.
Sumber tulisan :
Niken Widyanti Sriyono, 2011, Perawat Gigi, Prospek dan Tantangan, Kumpulan Naskah Ilmiah 6, Seri II, Ilmu Kesehatan Oral, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.


EmoticonEmoticon