Rabu, 10 Oktober 2012

Negara Yang Damai

Negara yang Damai ditulis Indria S.H 
Menurut saya, Negara Yang Damai itu : 
1. Bebas dari belenggu penjajah 
2. Bebas dari pemberbudakan atas negara lain 
3. Bebas merdeka dari segala macam bentuk penindasan 
4. Bebas, aman, sejahtera, damai, tenteram 
5. Bebas dari kebodohan 
6. Bebas dari kesenjangan sosial 
7. Bebas dalam menentukan pilihan hidup, perbedaan agama, kultur sosial, ragam budaya, dan dalam mengemukakan pendapat 
8. Di dalam kehidupan beragama negara sebatas memberikan peraturan bagi masyarakatnya agar kehidupan aman, damai, dan sejahtera. Dengan pelaksanaan ajaran masing-masing agama yang baik dan benar maka kehidupan aman, tenteram, damai, dan sejahtera akan terwujud antar masyarakat negara. 
Tulisan ini tidak menggambarkan keseluruhan pemahaman saya. Pasalnya, tulisan sebanyak apa pun tidak cukup memuat triliunan ide dan memori di otak. Dan saya pun masih terus belajar dan membaca kehidupan. Saya masih terus belajar dan mengkaji. 
Karena jika manusia tidak mau belajar dan mengkaji maka sudah mati. Oleh karena itu pelajaran dari Sahabat-sahabat sangat membantu. Maka bisa saja topik yang sama akan kembali muncul dengan perspektif yang berbeda. 
Sebagaimana orang mendeskripsikan sebuah gelas berisi air setengah gelas, si A mengatakan gelas itu berisi air setengah penuh, sementara si B mengatakan gelas itu berisi setengah kosong. Contoh pula, ada orang mengatakan capres A dicoblos yang bisa berarti didukung oleh 60% pemilih, sementara ada pula orang yang mengatakan capres A tidak dicoblos yang bisa berarti tidak didukung oleh 40% pemilih. 
Perbedaan perspektif terhadap sebuah topik mengenai kemiskinan misalnya juga menerpa pengamat, pejabat, dan rakyat. Menurut pengamat kemiskinan dipelihara sebagai proyeknya pejabat. Menurut pejabat, angka kemiskinan menurun dari tahun-tahun sebelumnya sehingga pertanda pejabat bekerja dan berhasil. Menurut rakyat, kemiskinan tetap ada dan kian nyata sehingga mempertanyakan pekerjaan pejabat. Mungkinkah negera Indonesia sudah menjadi negara yang dama...?(IC/95+)


EmoticonEmoticon