Senin, 08 Oktober 2012

Menjunjung Tinggi Harkat dan Martabat Manusia

Menjunjung Tinggi Harkat dan Martabat Manusia ditulis oleh : Puji Widia Ningrum 
Martabat dan harga diri bangsa itu akan dijunjung dan dipertahankan oleh bangsa yang bersangkutan. Untuk mempertahankan martabatnya, suatu bangsa akan berjuang dengan sekuat tenaga karena hal itu demi kehormatan dan kejayaan bangsanya. 
Karena martabat dan harga diri bangsa adalah kehormatan yang tidak ternilai harganya. Oleh sebab itu semua bangsa di dunia sudah pasti menginginkan agar martabat dan harga dirinya dihormati dan dihargai oleh orang lain. 
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang bermartabat, bangsa Indonesia juga punya harga diri di antara bangsa-bangsa lain didunia. Karena itu, kita yang menjadi bagian dari seluruh bangsa Indonesia, harus peduli untuk ikut mengangkat harkat, derajat, dan kedudukan yang terhormat bagi kemajuan bangsa. 
Sebagai bangsa yang hidup dalam sebuah negara berdasarkan Pancasila, mengembangkan sikap saling menghargai adalah suatu kewajiban. Kita tidak boleh bersikap sewenang-wenang terhadap bangsa lain. Hal ini mengandung arti bahwa kita juga harus menghormati bangsa lain, karena semua bangsa mempunyai harkat dan martabat yang sama, yaitu sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. 
Oleh karena itu semua manusia dan semua bangsa tidak boleh dibeda-bedakan. Namun, akhir-akhir ini telah terjadi banyak pelanggaran ham yang merendahkan harkat dan martabat manusia. Misalnya saja masalah kekerasan yang terjadi pada TKI yang berada di luar negeri. 
Mereka tidak hanya menderita secara fisik namun juga menderta secara batin. Mereka beranggapan bahwa harga diri mereka diinjak-injak dengan semena-mena dan diperlakukan seperti binatang. Namun pemerintah Indonesia tidak maksimal membantu mereka. Hal ini miris memang namun, pemerintah seharusnya berusaha sekuat mungkin agar harkat dan martabat mereka tidak diinjak-injak karena setiap manusia berhak bebas dari hal-hal yang merendahkan harkat martabat manusia. 
Sehingga manusia dapat hidup aman, nyaman dan tenteram lahir dan batin. Kita sebagai kaum muda sejak dini harus belajar menghargai dan menghormati harkat dan martabat manusia agar negara kita terbebas dari pelanggaran-pelanggaran yang dapat merusak harga diri bangsa. Semoga bangsa Indonesia yang akan datang akan lebih baik dan bebas dari merendahkan harkat dan martabat manusia sehingga tercipta negara yang aman, nyaman, dan tenteram.(IC/90)


EmoticonEmoticon