Kamis, 31 Mei 2012

Jenis-Jenis Sungai Berdasarkan Keadaan Air dan Sumber Airnya

Masih bicara tentang air melanjutkan tulisan saya sebelumnya tentang macam-macam danau, kali ini yang akan saya tulis adalah tentang Jenis Sungai. Berdasarkan letak geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, yang dikepung air sana sini sudah sewajar jika negeri kita ini memiliki banyak sungai baik sungai besar maupun sungai kecil, tidak di kota tidak di desa semuanya ada sungainya. 
Mengapa kita perlu mengetahui tentang sungai, sungai itu indah kawan dan pastinya kita sangat gembira bisa bermain disungai ketika kecil meskipun dengan taruhan kuping dijewer ibu kita...ya kan...? Sungai juga sangat bermanfaat membantu memenuhi kebutuhan orang banyak disekitarnya seperti mandi, mencari ikan, sebagai pasar apung, bahkan ada yang nekat sebagai tempat pembuangan sampah...he...he...! AWAS hati-hati dengan sungai, STOP buang sampah di sungai, jika sungai marah dan meluap adi banjir tau rasa luuuuu....!
Sebelum masuk bahasan ini saya ada pertanyaan buat anda :
Apa nama sungai terpanjang didunia...?
Apa nama sungai terpanjang di Indonesia...?

Anda tau...Jika sudah lupa, saya ingatkan lagi ya...!
Sungai terpanjang didunia adalah : Sungai Nil panjangnya 4180 mil, Sungai Amazon panjangnya 3912 mil, Sungai Mississippi panjangnya 3713 mil, Sungai Yangtse panjangnya 3602 mil, Sungai Ob panjangnya 3459 mil, Sungai Huang He panjangnya 2900 mil, Sungai Yenise panjangnya 2800 mil, Sungai Parana panjangnya 2795 mil, Sungai Irtish panjangnya 2758 mil, Sungai Zaire panjangnya 2716 mil.
Anda bingung mengira-ngira panjang sungai diatas karena menggunakan ukuran mil. Gampang kok...1 mil sama dengan 1,6 km atau tepatnya adalah 1,609 km...nah kalo sudah jelas dihitung sendiri ya panjang sungai-sungai diatas...he...he...!
Sungai Terpanjang di Indonesia adalah : Sungai Kapuas panjangnya 998 km, Sungai Mahakam panjangnya 920 km, Sungai Barito panjangnya 704 km, Sungai Memberamo panjangnya 684 km, Sungai Digul panjangnya 546 km, Sungai Musi panjangnya 507 km.
Nah setelah kita tahu sungai terpanjang di dunia dan sungai terpanjang di Indonesia, kita lanjutkan ya pada jenis-jenis sungai.
Jenis sungai jika dilihat dari keadaan airnya adalah :
1. Sungai Permanen
Pengertian sungai permanen adalah sungai yang airnya mengalir terus menerus tanpa henti sepanjang tahun. Sungai-sungai permanen ini biasanya adalah sungai-sungai besar yang tidak akan mengering pada musim kemarau.
2. Sungai Periodik
Pengertian sungai periodik adalah sungai yang airnya mengalir tidak terus menerus sepanjang tahun, hanya mengalir bila terjadi musim penghujan. Sungai-sungai periodik ini biasanya adalah sungai-sungai kecil yang setiap musim kemarau tiba airnya mengering.
Coba anda perhatikan sungai disekitar anda, jika pada musim kemarau airnya masih mengalir itu berarti termasuk sungai jenis permanen, jika pada musim kemarau airnya mengering dan yang tampak hanya batu-batuan saja berarti termasuk sungai jenis periodik.
Jenis sungai jika dilihat dari sumber airnya adalah :
1. Sungai Hujan
Pengertian sungai hujan adalah sungai yang sumber airnya berasal dari air hujan. Sungai hujan ini jumlah sangat banyak di Indonesia, di setiap pelosok daerah pasti dengan mudah kita jumpai.
2. Sungai Gletser
Pengertian sungai gletser adalah sungai yang sumbernya berasal dari es yang mencair. Di negara Indonesia sungai ini tidak ada karena memang Indonesia tidak melewati musim salju atau tidak memiliki wilayah dengan hamparan salju es.
3. Sungai Campuran
Pengertian sungai campuran adalah sungai yang sumber airnya berasal dari air hujan dan berasal dari es yang mencair. Sungai jenis ada pada negara-negara dengan empat musim yang mengalami hujan air dan salju.
Nah itulah Jenis-Jenis Sungai, Sungai Terpanjang di Dunia dan Sungai Terpanjang di Indonesia...Semoga bermanfaat dan Terima kasih.


EmoticonEmoticon