Rabu, 30 Mei 2012

Pengertian Atmosfer, Manfaat Atmosfer dan Kandungan Atmosfer

Pengertian Atmosfer jika dilihat dari sudut bahasa, atmosfer terdiri dari dua suku kata yaitu atmos yang mempunyai arti udara dan sfer yang mempunyai arti lapisan. Jadi jika digabungkan kedua kata ini akan memiliki arti lapisan udara. Atmosfer ini merupakan lapisan gas yang menyelubungi atau melingkupi planet termasuk bumi yang kita tinggali ini.
Jika atmosfer ini merupakan lapisan udara, berarti sudah dapat menebak kan apa manfaat dari atmosfer, lebih jelasnya tentang manfaat atmosfer adalah sebagai berikut :
1. Sudah jelas karena atmosfer ini adalah udara maka sebagai sumber pernafasan kita.
2. Atmosfer ini berupa lapisan yang berguna untuk melindungi kita dari paparan langsung sinar matahari atau ultraviolet yang dapat membahayakan kita. Anda tahu kan jika kita terpapar langsung sinar matahari secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan kanker kulit.
3. Atmosfer juga menjaga keseimbangan cuaca. Anda tau kan jika terjadi pemanasan global akibat bocornya lapisan atmosfer dapat kita rasakan perubahan cuaca yang tidak menentu.
4. Jika kita ibaratkan, atmosfer ini adalah payung bagi kehidupan makhluk di bumi. Tanpa sinar matahari kita dan semua makhluk dibumi ini akan mati, tetapi apabila sinar matahari langsung menerpa kita tanpa adanya pelindung maka kitapun akan mati karena selain berbahaya jika terpapar langsung, sinar matahari juga sangat kuat.
5. Dalam tata surya ada benda angkasa yang namanya meteor, tanpa lapisan atmosfer meteor yang jatuh atau sering kita sebut Bintang Jatuh akan menabrak bumi dengan ukuran yang besar sehingga sangat berbahaya bagi kehidupan bumi. Nah diatmosfer inilah meteor yang jatuh terbakar sehingga tidak sampai ke bumi, kalaupun sampai ke bumi dalam ukuran yang relatif kecil sehingga tidak berbahaya bagi kehidupan di bumi.
Itulah manfaat dari atmosfer, nah sekarang apa sich kandungan dari lapisan atmosfer itu :
1. Oksigen
Nah oksigen inilah yang kita pergunakan untuk pernafasan kita dan makhluk hidup lainnya yang hidup dibumi.
2. Nitrogen
Nitrogen ini merupakan komponen terbanyak dari lapisan atmosfer yaitu sekitar 4/5 bagian.
3. Karbon Dioksida
Anda pernah dengar Efek Rumah Kaca, nah penyebab rumah kaca (green house) ini adalah karbon dioksida.
4. Ozon
Lapisan ozon ini jika bocor akan berbahaya karena sinar matahari akan terpapar secara langsung, fungsi lapisan ozon ini adalah menyerap sinar ultraviolet sehingga sinar matahari yang terpapar mengenai kita menjadi tidak berbahaya tetapi menjadi bermanfaat.
Cukup sekian penjelasan saya tentang Pengertian Atmosfer, Manfaat Atmosfer dan Kandungan Atmosfer...Semoga bermanfaat...Wassalam.


EmoticonEmoticon