Minggu, 27 Mei 2012

Masa Berburu dan Meramu, Masa Bercocok Tanam, Masa Perundagian

Pada Jaman Prasejarah manusia menggunakan peralatan pendukung untuk menjalankan kehidupannya. Pada masa jaman batu peralatan pendukung yang dipergunakan terbuat dari batu dan pada jaman logam peralatan pendukung yang dipergunakan terbuat dari logam. 
Food Gathering
Sampai sekarangpun di jaman modern alat pendukung berupa batu dan logam masih tetap dipergunakan karena manusia semodern apapun tidak akan lepas dari yang namanya batu dan logam tetapi dengan bentuk yang berbeda dan penggunaan yang berbeda pula.
Ada tiga masa kehidupan dari jaman prasejarah yaitu Masa Berburu, Masa Bercocok Tanam, dan Masa Perundagian.
1. Masa Berburu dan Meramu atau Mengumpulkan Makanan
Kegiatan pada manusia pada jaman ini dalam memenuhi kebutuhan pangannya dilakukan dengan cara berburu dan meramu atau istilahnya Food Gathering. Kehidupan yang dijalani pada jaman ini adalah berpindah-pindah dengan kelompok masing-masing. Apabila makanan telah habis dan wilayah yang didiaminya tidak lagi menghasilkan maka kelompok-kelompok pada jaman ini akan berpindah mencari wilayah yang subur, banyak binatang buruan untuk memenuhi hajat kebutuhan makan. Pada masa ini kehidupan sosial masih terbatas yaitu pada kelompok-kelompok kecil dan juga sudah mengenal yang namanya berladang, apabila ladang yag digarap sudah tidak subur lagi maka akan berpindah menjadi lahan baru untuk dibuat ladang.
2. Masa Bercocok Tanam
Kelajutan dari masa berburu dan meramu dengan hidup berpindah-pindah adalah kehidupan yang sudah mengenal bercocok tanam. Kehidupan bercocok tanam pada masa ini membuat hidup kehidupan tidak lagi berpindah dari satu tempat ketempat yang lain tetapi sudah menetap. Kehidupan sosial pada jaman ini juga sudah semakin maju yang ditandai dengan adanya desa dan pemimpin yang dipilih untuk memimpin kelompok atau warga.
3. Masa Perundagian
Masa perundagian merupakan masa kehidupan manusia yang sudah maju dan teratur, masa ini ditandai dengan berbabagai bangunan besar yang dibuat, sistem kemasyarakatan yang baik diantaranya adalah mengenal musyawarah dan gotong royong, serta kehidupan bercocok tanam yang sudah maju.


EmoticonEmoticon