Rabu, 23 Mei 2012

Cara Mengukur Suhu Demam Anak Dengan Termometer

Apakah anda tahu apa itu suhu...?
Pengertian suhu atau temperatur adalah derajat panas suatu benda, sedangkan panas merupakan salah satu bentuk energi yang dimiliki suatu benda.
Untuk dapat merasakan sebuah suhu perhatikan pertanyaan saya berikut ini :
Pernahkah anda saat kemarau berada dikota yang terkenal panasnya, contohnya kota Blora...?
Pernahkah anda saat kemarau berada dikota yang terkenal dengan dinginnya, contohnya di Dieng Wonosobo...?
Meskipun sama-sama musim kemarau, ada perbedaan kan...? Di Wonosobo pastinya akan lebih dingin kan dibandingkan dengan Blora...?
Jika anda merasakan perbedaan panas dinginnya keadaan yang dirasakan oleh tubuh anda, saat itulah tubuh anda sedang merespon dan kontak dengan suhu.
Tubuh manusia itu sendiri normalnya memiliki panca indra, dimana panca indra ini mampu merasakan sebuah respon keadaan, misalnya panas dingin dan lain-lain.
Jika sikecil sedang demam, anda pegang kepalanya yang terasa panas, apakah anda dapat menentukan suhu atau temperatur panas demamnya...?
Nah oleh karena itu, ada sebuah alat yang namanya Termometer yang mudah anda gunakan untuk mengetahui suhu atau temperatur panas demam sikecil dirumah. Pengertian Termometer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur tinggi rendahnya suhu suatu benda.
Bagaimana cara menggunakan Termometer untuk mengukur suhu tubuh yang demam pada anak :
Anda dapat meletakkan Termometer di mulut dan ketiak sikecil. Tetapi akan lebih akurat jika diletakkan dimulut, karena jika diletakkan di ketiak biasanya suhu yang didapat akan lebih rendah.
1. Bersihkan dan cuci Termometer sampai bersih karena akan dimasukkan ke dalam mulut sikecil.
2. Ayun-ayunkan Termometer sampai termometer menunjukkan angka dibawah 36 derajat celcius, tidak mungkin kan langsung meletakkan Termometer kemulut sikecil dalam kondisi Termometer sudah menunjukkan angka 40 derajat celcius, jika ingin mudah gunakan saja Termometer digital.
3. Letakkan termometer dibawah lidah sikecil dan tutupkan mulutnya.
4. Tunggu hingga beberapa saat kurang lebih 3 atau 4 menit.
5. Lihat hasilnya, jika Termometer menunjukkan angka 37 sampai 40 derajat celcius itu tandanya sikecil sedang demam. Jika Termometer menunjukkan angka lebih dari 40 derajat celcius itu tandanya sikecil sedang panas tinggi dan segerahlah anda pergi ke dokter untuk memeriksakan sikecil.
Cukup sekian Cara Mengukur Suhu Demam Anak Dengan Termometer, terima kasih....Wassalam.


EmoticonEmoticon