Kamis, 24 Mei 2012

Termometer Suhu Badan dan Termometer Ruangan

Melanjutkan tulisan sebelumnya tentang Pengertian Termometer dan Jenis Termometer, kali ini bahasan saya tentang macam-macam Termometer Khusus yaitu Termometer Suhu Badan dan Termometer Ruangan
Pengertian Termometer Khusus itu sendiri adalah termometer yang digunakan untuk keperluan tertentu.
1. Termometer Suhu Badan
Anda pernah mengukur suhu badan sikecil ketika demam...?
Nah untuk mengukur suhu badan sikecil tentunya menggunakan termometer suhu badan kan...bukan termometer ruangan. Pengertian Termometer Suhu badan adalah termometer yang dipergunakan untuk mengukur suhu badan manusia. Penggunaan termometer suhu badan ini sangatlah mudah bahkan bisa kita pergunakan sendiri dirumah.
Termometer yang kita gunakan untuk mengukur suhu badan ini biasanya mempunyai daerah pengukuran antara 35 derajat celcius sampai 42 derajat celcius. Mengapa daerah pengukurannya hanya segitu...? Karena suhu tubuh manusia normal adalah 36 sampai 37 derajat celcius, masuk 37 sampai 40 derajat celcius itu tandanya demam, dan lebih dari 40 derajat celcius bisa dikatakan demam tinggi, jadi dengan daerah pengukuran antara 35-42 derajat celcius tersebut sudah mencukupi untuk mengetahui kondisi suhu tubuh.
2. Termometer Ruangan
Sesuai dengan namanya termometer ruangan ini dipergunakan untuk mengukur suhu didalam ruangan. Termometer yang biasanya dipasang di dinding ini berbeda dengan termometer suhu badan, perbedaannya antara lain adalah pada daerah pengukuran termometer. Jika daerah pengukuran termometer suhu badan antara 35 sampai 42 derajat celcius, maka termometer ruangan ini memiliki daerah pengukuran yang bervariasi misalnya antara -50 derajat celcius sampai 50 derajat celcius.
Termometer ruangan ini sangat penting sekali digunakan untuk laboratorium-laboratorium percobaan yang membutuhkan kestabilan suhu ruangan. Bahkan penting sekali diperlukan untuk mesin penetas yang mau tidak mau membutuhkan suhu ruangan yang stabil.
Itulah sedikit ulasan saya tentang Termometer Khusus : Termometer Suhu Badan dan Termometer Ruangan, semoga bermanfaat...salam.


EmoticonEmoticon