Sabtu, 05 Mei 2012

Klasifikasi Kavitas Karies Menurut G.V Black

G.V Black atau lengkapnya Greene Vardiman Black mengklasifikasikan kavitas atas 5 bagian dan diberi tanda dengan nomor Romawi, dimana kavitas diklasifikasi berdasarkan permukaan gigi yang terkena karies. Kelima klas tersebut adalah sebagai berikut :
A. Klas I
Karies Klas I ini berada pada bagian oklusal gigi posterior yaitu pada pits dan fissure, dari gigi premolar (geraham kecil) dan gigi molar (geraham besar). Sedangkan pada gigi anterior karies Klas I ini terdapat di foramen caecum.
B. Klas II
Karies pada Klas II ini terdapat pada bagian approximal dari gigi premolar atau molar dan biasanya karies meluas sampai ke bagian oklusal.
C. Klas III
Karies pada Klas III ini terdapat pada gigi depan pada bagian approximal, akan tetapi karies Klas III ini belum mencapai 1/3 (sepertiga) incisal gigi.
D. Klas IV
Karies pada Klas IV ini merupakan lanjutan dari karies Klas III dimana karies terjadi pada bagian approximal gigi depan dan karies telah mencapai 1/3 (sepertiga) incisal gigi.
E. Klas V
Karies Klas V ini terdapat pada bagian 1/3 leher gigi baik gigi depan maupun pada gigi belakang pada bagian labial, lingual, palatal maupun bukal.
F. Klas VI
Karies Klas VI ini terdapat pada gigi depan bagian incisal edge dan juga terdapat pada gigi belakang bagian ujjung cups.
Untuk lebih jelasnya Klasifikasi Kavitas Karies Menurut G.V Black, anda bisa melihat gambar diatas.


EmoticonEmoticon