Rabu, 23 Mei 2012

Pengertian Termometer Dan Jenis Termometer

Pengertian Termometer seperti yang sudah saya singgung dalam Cara Mengukur Suhu Demam Anak Dengan Termometer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur tinggi rendahnya suhu suatu benda.
Jika kita menggunakan Termometer, semakin tinggi suhu suatu benda yang diukur maka akan semakin tinggi pula penunjukan skala atau atau pada termometer tersebut.
Isi zat cair pada Termometer biasanya adalah air raksa. mengapa menggunakan air raksa...? Hal ini dikarenakan air raksa mempunyai sifat cepat menyerap panas, mudah dilihat ditabung kaca, daerah ukurnya besar yaitu air raksa baru akan membeku pada suhu -39 derajat celcius dan baru akan mendidih pada suhu 375 derajat celcius. Namun demikian anda harus hati-hati dengan air raksa karena zat ini berbahaya sekali, jika anda mempunyai Termometer dirumah sebaiknya jauhkan dari jangkauan sikecil, jangan sampai digunakan untuk bermain-main dan pecah sehingga air raksa keluar dari tabung kaca.
Jenis Termometer antara lain :
1. Termometer Celcius
Termometer Celcius ini berisi air raksa, setiap 1 skala itu menunjukkan suhu 1 derajat celcius. Jadi jika terlihat kenaikan 5 skala maka itu menunjukkan kenaikan 5 derajat celcius dan seterusnya. Titih bawah termometer celcius adalah 0 derajat celcius (00Cdan titik atasnya adalah 100 derajat celcius (1000C).
Celcius itu sendiri digunakan untuk menetapkan satuan suhu oleh ilmuan dari dari Swedia bernama Andres Celcius. Jadi istilah Celcius ini diambil dari nama Andres Celcius itu sendiri.
2. Termometer Fahrenheit
Melihat kata Fahrenheit, sudah pasti ini nama bukan nama orang indonesia kan..., Nama Fahrenheit ini adalah nama seorang ilmuwan dari Jerman yang bernama lengkap Daniel Gabriel Fahrenheit, beliau ini pada tahun 1706 membuat sebuah termometer dengan isi air raksa dengan titik bawah termometer 32 derajat fahrenheit (320Fdan titik atasnya 212 derajat fahrenheit (2120F).
3. Termometer Reamur
Nama Reamur diambil dari nama seoarng ilmuan berkebangsaan Perancis yaitu Rene Antonie Ferchault de Reaumur. Nah Rene Antonie Ferchault de Reaumur inilah penemu dan pencipta skala termometer reamur. Isi dari termometer reamur ini juga air raksa dengan titik bawah 0 derajat reamur (00Rdan titik atasnya 80 derajat reamur (800R).
4. Termometer Kelvin
Nama Kelvin diambil dari nama seorang ilmuan berkebangsaan Inggris yaitu Lord William Thomson Kelvin. Jadi penemu skala Kelvin adalah Lord William Thomson Kelvin. Titik bawah dari termometer kelvin ini adalah 273 Kelvin (273K) dan titik atas termometer 373 Kelvin (373K).
Okelah cukup sekian ya penjelasan tentang Pengertian Termometer dan Jenis Termometer...Terima kasih.


EmoticonEmoticon