Kamis, 31 Mei 2012

Lapisan Atmosfer : Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer (Ionosfer) dan Eksosfer

Sudah saya jelaskan bahwa Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelubungi planet-planet termasuk bumi tempat hidup kita. Yang namanya lapisan berarti berupa susunan atau struktur dari gabungan beberapa lapisan. Nah gabungan-gabungan lapisan itu yang dinamakan lapisan atmosfer.
Atmosphere Layers
Lapisan Atmosfer
Apa sajakah lapisan yang menjadi struktur dari lapisan atmosfer itu...nah berikut ini akan saya jelaskan dengan sederhana sehingga dengan mudah dipahami.
1. Lapisan Troposfer
Pengertian troposfer adalah lapisan atmosfer pertama yang letaknya terdekat dari bumi. Lapisan troposfer ini memiliki radius ketinggian 10 km dari permukaan bumi. Lapisan ini paling rapat dan merupakan area terjadinya proses hujan. Lapisan troposfer ini merupakan lapisan yang bersentuhan langsung dengan kehidupan dibumi, dan udara yang dikonsumsi makhluk penghuni bumi berada dilapisan terendah ini.
2. Lapisan Stratosfer
Pengertian stratosfer adalah lapisan atmosfer kedua yang letaknya diatas troposfer. Lapisan diatas troposfer ini radius ketinggiannya kurang lebih 10 km sampai 50 km diatas permukaan bumi. Lapisan ozon sebagai pelindung bumi berada dilapisan ini.
3. Lapisan Mesosfer
Pengertian mesosfer adalah lapisan atmosfer ketiga yang letaknya diatas stratosfer. Lapisan diatas stratosfer ini radius ketinggiannya kurang lebih 50 km sampai 80 km dari permukaan bumi. Lapisan ini memiliki keistimewaan dalam memantulkan gelombang elektromagnetik radio dan televis dan semacamnya.
4. Lapisan Termosfer atau Ionosfer
Pengertian termosfer adalah lapisan atmosfer keempat yang letaknya diatas mesosfer. Lapisan diatas mesosfer ini radius ketinggiannya kurang lebih 50 km sampai 500 km dari permukaan bumi. Suhu pada lapisan termosfer ini berbeda jauh dan lebih tinggi yang dapat mencapai suhu 1982 derajat celcius hal ini disebabkan di lapisan ini terdapat paparan sinar X dari matahari.
5. Lapisan Eksosfer
Pengertian eksosfer adalah lapisan atmosfer kelima atau terakhir diatas termosfer. Lapisan diatas termosfer ini radius ketinggiannya diatas 500 km. Lapisan ini merupakan lapisan paling atas terdekat dari matahari. Jika jarak antara bumi dengan matahari 149,6 juta km maka jarak lapisan eksosfer yang paling atas ini kurang lebih 149,1 juta km...he...he...jauh amat ya...?
Sudah jelas penjelasan saya tentang Lapisan Atmosfer : Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer (Ionosfer) dan Eksosfer ini...? Jika kurang lengkap harap maklum ya...anda dapat melengkapi bahasan ini dengan mencari referensi di situs lain atau membaca dari buku...salam.


EmoticonEmoticon