Selasa, 22 Mei 2012

Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Kali ini saya akan membicarakan tentang Besaran Fisika agar dipahami dengan mudah terutama Besaran Pokok dan Besaran Turunan, coba anda telaah pertanyaan-pertanyaan saya dibawah ini :
Anda pernah memperhatikan tinggi sebuah pohon...?
Anda pernah memperhatikan kecepatan lari anda dipagi hari...?
Anda pernah mengukur suhu badan ketika sikecil demam...?
Apakah tinggi pohon, kecepatan mobil, suhu badan tersebut kesemuanya bisa diukur...?
Tentu saja bisa diukur, karena semua itu termasuk dalam besaran fisika atau lazim disebut sebagai besaran. Besaran fisika adalah besaran yang dapat diukur dengan menggunakan alat serta dapat dinyatakan dengan angka. Misalnya tinggi pohon 10 meter, kecepatan lari 10km/jam, suhu badan 30 derajat celcius. Besaran yang tidak dapat diukur dan dinyatakan dengan angka misalnya ketampanan, kecantikan, kejujuran dan lain-lain bukanlah besaran fisika.
Besaran itu sendiri dibagi menjadi 2 macam besaran yaitu besaran pokok dan besaran turunan.
1. Besaran Pokok
Pengertian besaran pokok itu sendiri adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan berfungsi untuk menetapkan satuan besaran yang lain. Satuan besaran pokok itu sendiri disebut dengan satuan pokok.
Besaran pokok dan satuan internasionalnya sebagai berikut :
a. Panjang, Satuan : Meter (m)
b. Massa, Satuan : Kilogram (kg)
c. Waktu, Satuan : Sekon (s)
d. Kuat arus listrik, Satuan : Ampere (A)
e. Suhu, Satuan : Kelvin (K)
f. Intensitas cahaya, Satuan : Kandela (cd)
g. Jumlah zat, Satuan : Mole (Mol)
2. Besaran Turunan
Pengertian besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari satuan besaran pokok. Satuan besaran turunan itu sendiri disebut dengan satuan turunan.
Besaran turunan dan satuannya adalah sebagai berikut :
a. Luas, Satuan : m2 (A)
b. Volume, Satuan : m3 (V)
c. Percepatan, Satuan : ms-2  (a)
d. Gaya, Satuan : kg ms-2 (F)
e. Tekanan, Satuan : kg m-1s-2 (P)
f. Usaha, Satuan : kg m2s-2 (W)
Mengapa ukuran satuan ini dibuat standar...? Hal ini dikarenakan agar tidak terjadi kebingungan. Contohnya, coba anda jawab pertanyaan saya : �Tinggi pohon mangga didepan rumah saya 100 kaki, coba tebak berapa meter tinggi pohon tersebut� bingung kan...? Nah itulah sebabnya dibuatlah standar dari satuan-satuan tersebut dimana ukuran satuan tersebut berlaku secara internasional.
Sudah paham tentang besaran ini...? Cukup sekian tulisan saya tentang Besaran Fisika : Besaran Pokok dan Besaran Turunan...Terima kasih.


EmoticonEmoticon