Selasa, 24 April 2012

Keuntungan dan Kelemahan Kuesioner

Melanjutkan posting saya sebelumnya tentang Pengertian dan Jenis Kuesioner, kali ini saya akan posting tentang Keuntungan dan Kelemahan Kuesioner. Kuesioner merupakan salah instrumen penelitian yang sangat populer dan banyak digunakan untuk penelitian, nah apa keuntungan dan kelemahan instrumen yang satu ini...?

Keuntungan Kuesioner antara lain :
a. Pada pelaksanaannya bisa saja tidak memerlukan hadirnya peneliti secara langsung, karena bisa diberikan kepada responden melalui orang lain maupun melalui jasa pengiriman.
b. Kuesioner dapat dibagikan secara serentak kepada banyak responden yang dituju atau yang dijadikan sampel penelitian. 
c. Kuesioner ini dapat dijawab oleh responden atau sasaran berdasarkan kecepatan masing-masing responden, dan berdasarkan waktu senggang responden.
d. Identitas responden dapat diisi dengan anonim sehingga responden bebas dengan jujur dan tidak malu-malu dalam memberikan jawaban dari kuesioner.
e. Kuesioner ini dapat dibuat terstandar, maksudnya adalah kuesioner yang diberikan kepada seluruh responden dapat diberikan pertanyaan-pertanyaan yang benar-benar sama.
Kelemahan Kuesioner antara lain :
a. Seringkali responden kurang teliti dalam menjawab kuesioner, apabila jumlah pertanyaan dalam lembar kuesioner cukup banyak, kadang responden tidak hanya teliti tetapi juga menjawab secara asal-asalan dikarenakan rasa malas dari responden.
b. Tidak menutup kemungkinan juga apabila peneliti tidak bertemu secara langsung dengan responden, maka responden akan memberikan jawaban yang tidak jujur atau sengaja memberikan jawaban yang salah.
c. Kuesioner yang kita kirim kepada responden belum tentu juga akan kembali dikirim kepada kita oleh responden, kalaupun dikirim kadang waktunya terlambat sehingga akan menyulitkan peneliti dalam pengolahan data hasil kuesioner.
d. Kuesioner memang mudah untuk dilaksanakan tetapi apabila peneliti tidak memberikan perhatian serius  kepada responden maka apa yang didapat dari jawaban-jawaban kuesioner akan tidak memuaskan dan yang lebih buruk tidak berguna sama sekali untuk mendukung penelitian dikarenakan responden asal-asalan memberikan jawaban.


EmoticonEmoticon