Senin, 02 April 2012

Cara Menghentikan Kebiasaan Main Game Online Pada Anak

Anda sudah capek menasehati anak anda untuk tidak main game online...? Tapi anak anda tetap saja bermain game bahkan sampai lupa belajar...Atau jika anda nasehati dengan keras malah melawan atau ngambek...? Coba dech cara berikut ini yang dituturkan oleh Drs. Zainal Abidin, M.Psi (Psikolog Undip) untuk menghentikan kebiasaan main game online.

1. Teknik Intension
Teknik ini dipakai untuk menghentikan kecanduan dengan cara bertahap atau dengan mengurangi dosisnya. Kita sebagai orang tua bisa memberikan batasan untuk mengurangi jam bermain dari waktu ke waktu hingga akhirnya ia benar-benar berhenti sama sekali. Misalnya kalo dia biasanya main game online 4 jam sehari bisa dikurangi sedikit-sedikit atau dibatasi menjadi 3 jam saja. Perlu diingat bahwa menghentikan sebuah kecanduan tidak bisa serta merta, jadi harus pelan-pelan dan dengan nasehat yang baik.

2. Teknik Memberikan Kesenangan Yang Seimbang
Pada dasarnya seseorang tidak bisa dilepaskan dengan rasa senang untuk melakukan sesuatu. Begitu juga kesenangannya terhadap game online, karena didalamnya terkandung rasa puas untuk menikmati kemenangan, rasa puas ketika mampu memukul jatuh lawannya kemudian dari situ ia mendapatkan hadiah atau simbol-simbol tertentu yang bisa mengekspresikan kesenangan, maka jadilah seseorang itu ketagihan. Untuk cara menghentikannya salah satunya dengan memberikan kesenangan lain yang seimbang. Kita perhatikan kesenangan anak kita selain main game apa. Nah dari situlah kita alihkan kesenangan main game beralih ke kesenangan yang lain. Misalnya jika anak anda suka naik sepeda, maka kita dorong anak kita untuk menekuni balap sepeda. Karena kesenangan yang sifatnya nyata biasanya lebih baik daripada yang sifatnya hanya di khayalan. 
3. Teknik Floading
Meskipun seseorang itu bisa kecanduan terhadap game online, tetapi manusia memiliki keterbatasan fisik untuk merasa bosan atau mengalami titik jenuh. Hal inilah yang dijadikan metode berikutnya untuk menghentikan kebiasaan main game online. Teknik floading atau banjir, maksudnya adalah memberikan kesenangan itu secara terus menerus dengan melebihi ambang batas kemampuan manusia. Istilah jawanya dicekoki. Misalnya saja berikan anak kita kesenangannya main game itu diluar batas kemampuannya, kalau perlu seminggu terus-menerus tanpa boleh berhenti hingga ia mengalami rasa bosan. Setelah bosan itulah baru seseorang itu akan berhenti dari kecanduannya.
Jika cara-cara diatas tidak berhasil menghentikan kebiasaan main game anak, ada baiknya jika anda memberikan hukuman kepada sianak, misalnya menghentikan uang jajan, mengambil laptop yang dipakai untuk main game dan sebagainya. Karena kadang pendekatan kepada anak kudu sedikit keras dan tidak melulu dengan kesabaran, karena otak orang dewasa itu berbeda dengan anak-anak. Tapi sebetulnya yang menjadi sebab anak kita kecanduan main game online itu bukan kesalahan si anak kok, tapi semua karena keteledoran kita yang memberikan ruang atau membiarkan anak mengenal game online tanpa kontrol kita. Jadi sebelum anak anda kecanduan game online dan merusak minat belajarnya, kontrol dan awasi anak anda sedini mungkin, karena mencegah itu lebih mudah daripada menghentikan kebiasaan yang sudah menjadi kesenangan anak anda. Okelah cukup sekian tulisan ini...Semoga bermanfaat dan jagalah buah hati anda baik-baik, karena masa depan anda ada ditangan anak anda....Wassalam.


EmoticonEmoticon