Minggu, 29 April 2012

Kumur-Kumur Dengan Larutan Yang Mengandung Fluor

Selain dengan Topikal Aplikasi, pencegahan karies gigi bisa juga dengan menggunakan larutan yang mengandung fluor, tetapi sayangnya obat kumur yang mengandung fluor belum berapa banyak diselidiki kalau dibandingkan dengan tablet fluor. Bibby dan kawan-kawan (1948) menemukan suatu manfaat dari pemakaian fluor sebagai obat kumur untuk mencegah karies gigi.
Fluoride
Pemakaian fluor dalam bentuk larutan merupakan salah satu tindakan perlindungan khusus yang paling baik, bilamana prosedur lain yang menggunakan fluor tidak dapat dijalankan dan terutama dimana konsentrasi fluor dalam air setempat adalah sangat sedikit.
Fluor yang dilarutkan dalam air menurut suatu konsentrasi tertentu dipergunakan sebagai bahan kumur-kumur. Zat yang paling sering digunakan untuk tujuan ini adalah sodium fluoride karena sodium fluoride ini dapat disimpan untuk waktu yang agak lama serta memiliki rasa yang cukup baik bagi si pemakai. Dalam suatu penelitian mengenai efektifitas larutan 0,25% sodium fluoride yang digunakan 2 kali sehari untuk kumur-kumur, Weisz telah mencatat suatu pengurangan karies gigi sebesar 80%-90% dalam praktek pedodontiknya selama waktu 10 tahun.
Penemuan lain melaporkan bahwa 0,05% larutan sodium fluoride yang digunakan setiap hari sebagai obat kumur ternyata lebih efektif dalam mencegah karies gigi daripada fluor dalam pasta gigi.
Secara umum, terlihat bahwa bertambah tinggi konsentrasi dan semakin sering dipakai, semakin tinggi pengurangan karies atau gigi berlubang. Namun demikian pemakaian larutan fluor ini perlu didukung oleh sikap perorangan yang positif terhadap kesehatan gigi. Selain sikap yang positif, maka kelompok masyarakat tersebut juga mempunyai pola nutrisi serta kebiasaan hidup yang lebih sehat, sehingga kerusakan gigi dapat diatasi secara efektif.
(Rasinta Tarigan, 1992, karies Gigi, Hipokrates, Jakarta).


EmoticonEmoticon