Jumat, 01 November 2013

Cara Mudah Mengubah Teks Menjadi Suara Logat Indonesia

Text to Speech - Mengubah Teks Menjadi Suara Bahasa Indonesia menurut saya sangat menarik untuk digunakan, terutama jika kita ingin membuat video, mengajar dan sebagainya.
Software untuk mengubah teks menjadi suara dalam dialek atau logat Indonesia jika anda cari di internet dengan kata kunci "Text to Speech" pastilah akan sangat sedikit, karena memang kebanyakan Text to Speech lebih banyak menggunakan dialek orang asing.

Setelah muter-muter mencari akhirnya saya jatuh hati ke layanan text to speech dari oddcast.com, karena disana ada pilihan bahasa Indonesia. Setelah mencobanya, ternyata hasilnya sangat bagus dan memuaskan, meskipun kadang ada beberapa kata yang terucap tidak pas, misalnya kata "yang" menjadi "yeng", tapi untuk keseluruhan sangat oke dan lebih baik dari yang lainnya.
Bagaimana cara mengambil dan menyimpan suara yang telah kita putar, di oddcast.com ini tidak ada tombol download, tapi dapat kita siasati dengan menggunakan perekam suara. Kita putar teks menjadi suara dan kita aktifkan software recorder, baru kita simpan filenya. Untuk recorder saya menggunakan Focus MP3 Recorder Pro, hasilnya sama persis dengan suara di oddcast.com. Banyak sekali sudah saya coba software perekam, tapi Focus MP3 Recorder Pro inilah yang menurut saya paling oke.
Hasil rekaman suara kadang didepan dan dibelakang ada space kosongnya, oleh karena itu perlu diedit dengan dilakukan pemotongan. Kalau itu mah gampang, gunakan sajaWavePad Sound Editor, tinggal klik bagian yang kosong tidak ada suaranya, tarik dan klik cut, dijamin beres.
Cukup sekian Cara Mudah Mengubah Teks Menjadi Suara dan terima kasih.


EmoticonEmoticon