Jumat, 01 November 2013

Bagaimana Agar Pimpinan Disukai Bawahan dan Karyawan ?

Jika kita bertanya apakah anda menyukai pimpinan di kantor anda ?. Pastinya jawaban akan beragam ada yang suka dan ada yang tidak suka, ya kan...?
Image : banneradscreator.com
Menjadi pimpinan yang disukai oleh bawahan, anak buah, ataupun karyawan tidaklah gampang kerena memang menjalin hubungan sosial dengan banyak orang sangat tidak mudah.
Teringat saya dengan teman namanya Sangkala seorang guru SMKI Somba Opu di Gowa, Sulawesi Selatan, dia berucap jika ingin menaklukkan orang lain kuncinya adalah "Sentuh Hatinya dan Pegang Perasaannya".
Apakah kata diatas cukup ampuh jika diterapkan...?, menurut saya kemungkinannya cukup ampuh karena dalam diri manusia "Hati" memegang peranan penting dalam berperilaku dan bertindak.
Bagaimana cara Menyentuh Hati seorang bawahan, saya rasa gampang kok, dengan sedikit basa basi misalnya menanyakan kepada karyawan "Gimana Pak Kabarnya", "Bagaimana Kabar Anak Istri Dirumah", "Sikecil Dirumah Sudah Kelas Berapa".

Seorang karyawan atau bawahan pasti senang jika mendengar pertanyaan-pertanyaan ini dari atasannya, ya kan...? Apalagi jika diiringi dengan senyuman tulus dan manis.
Bagaimana cara Memegang Perasaan seorang bawahan, sama mudahnya kok, cukup bermuka manis, berkata ramah, tidak mengeluarkan ucapan yang menyakiti perasaan, misalnya "Hai Hamu...", "Bisa Kerja Tidak..".
Meskipun cara ini mudah tapi pada kenyataannya jarang ada pimpinan yang melakukannnya, yang ada adalah tipe pimpinan yang sok galak, sok memerintah, sok memberi sanksi, padahal pola semacam itu untuk jangka panjang tidaklah menguntungkan.
Pada prinsipnya jika kita ingin disukai orang lain maka kita harus bertindak hal yang sama, jangan sampai kita terjebak "Saya Adalah Pimpinan", coba tanamkan dalam diri "Kita Semua Manusia Yang Sama", setiap manusia ingin dihormati, setiap manusia ingin dihargai, jadi jika kebetulan anda sekarang ini adalah seorang pimpinan, ingatlah jika kedudukanmu hanya sementara, ingatlah jika kelak sudah tidak memiliki jabatan apapun, hormatilah orang lain meskipun itu anak buah atau bawahan kecil, dengan begitu anda akan disukai oleh orang lain meskipun anda tidak menjadi pimpinan lagi.


EmoticonEmoticon