Jumat, 25 Oktober 2013

Data Nominal dan Data Ordinal

Ciri utama data kualitatif adalah data didapat dengan cara menghitung, sehingga tidak akan mempunyai nilai desimal. Contoh data kualitatif adalah data gender, data golongan darah, data tempat tinggal, atau data jenis pekerjaan.
Sebagai contoh, data gender berisi pria dan wanita, isi data adalah berapa jumlah pria dan berapa jumlah wanita. Untuk itu akan dilakukan proses penghitungan, misalnya didapatkan ada 15 pria dan 25 wanita. Disini hasil penghitungan tidak mungkin didapat angka 15,4 pria dan 25,1 wanita, karena jumlah pria dan wanita tidak mempunyai desimal.
Ini perbedaan dasar dengan data kuantitatif yang dapat saja mempunyai nilai desimal, karena proses mendapatkan data dengan cara mengukur.
Agar dapat dilakukan proses pada data non angka atau non metrik atau data kualitatif, data tersebut harus diubah menjadi angka, proses ini dinamakan proses kategorisasi.

Jenis data kualitatif pertama adalah Data Nominal, dengan contoh variabel gender. Pada data dengan isi gender seseorang, dapat dilakukan pemberian kode/kategori untuk jenis gender, misalkan kode "1" untuk pria dan kode "2" untuk wanita.
Contoh lain lagi adalah data tempat tinggal, dengan contoh pemberian kode minyalnya kode "1" untuk Yogyakarta, kode "2" untuk Semarang, kode "3" untuk Bandung dan kode "4" untuk Surabaya.
Data Kualitatif lain adalah Data Ordinal, berbeda dengan data nominal, data ini mempunyai order atau urutan. Misalnya terdapat data sikap konsumen, isi data tersebut secara logis dapat disusun sebagai berikut :
a. Sangat Setuju kode 1
b. Setuju kode 2
c. Netral kode 3
d. Tidak Setuju kode 4
e. Sangat Tidak Setuju kode 5
Inilah yang menunjukkan perbedaan dasar dengan data nominal yang datanya tidak perlu diurutkan. Pada data nominal, gender berjenis pria dengan kode "1" dan gender berjenis wanita dengan kode "2" dapat saja dibalik yaitu pria kode "2" dan wanita kode "1", namun pada data ordinal tidak lazim jika urutan diacak secara sembarangan.

Sumber Tulisan :
Singgih Santoso, 2010, Statistik Multivariat, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta.


EmoticonEmoticon