Rabu, 30 Oktober 2013

Pengertian dan Alasan Team Teaching

Pengertian Team Teaching atau Definisi Team Teaching secara harfiah adalah sebagai mengajar bertim atau mengajar dalam tim.
Istilah tim atau regu menggambarkan satu kekompakan atau hubungan akrab antar anggotanya, sehingga tugas-tugas tim menjadi tanggung jawab semua anggota tim.
Sejalan dengan pengertian ini team teaching dapat diartikan sebagai sekelompok guru atau dosen yang mengajar dalam tim. Sebuah tim yang terdiri dari beberapa anggota dalam mengerjakan tugasnya tentu melakukan pembagian tugas atau tanggung jawab.
Pengertian Team Teaching menurut Tim LP3-ITB (1998) adalah "Satu mata kuliah untuk sekelompok mahasiswa tertentu yang diajarkan oleh lebih dari satu orang dosen secara terpisah menurut pembagian tugas yang telah disepakati".
Pengertian Team Teaching dalam Mann (1998) adalah "Dua orang guru atau lebih yang mengajar bersama-sama dalam kelas yang sama dan pada waktu yang sama.

Tujuan dilakukannya team teaching sangatlah banyak, berikut ini alasan dilakukannya team teaching.
Alasan Team Teaching adalah :
1. Bertitik tolak dari filosofi team teaching, yaitu memungkinkan guru atau dosen memikirkan suatu perubahan atau perbaikan bagi pembelajaran dibandingkan jika selalu mengajar sendiri.
2. Penggunaan team teaching sesuai dengan kecenderungan yang sedang berkembang dalam dunia pendidikan yaitu meningkatnya kebutuhan untuk bekerja sama atau berkolaborasi.
3. Dari segi pembinaan dosen muda, team teaching merupakan satu modus yang menjanjikan karena memberi peluang kepada dosen muda atau dosen yunior untuk bertim dengan dosen senior.
4. Alasan yang berkaaitan dengan aspek-aspek pembelajaran, mulai dari hakikat mata kuliah, jumlah siswa atau mahasiswa, variasi dalam latar belakang mahasiswa sampai pada kemampuan guru atau dosen.

Sumber :
IGAK Wardani, 2005, Team Teaching, Buku Pekerti, PAU-PPAI, Universitas Terbuka, Jakarta


EmoticonEmoticon