Selasa, 29 Oktober 2013

Data Interval dan Data Rasio

Selain data kualitatif (Nominal dan Ordinal), ada pula data angka yang digolongkan sebagai data kuantitatif atau data metrik. Pengertian Data Kuantitatif adalah data yang didapat dengan jalan mengukur dan bisa mempunyai desimal.

Contoh data metrik adalah tinggi badan, usia, penjualan barang dan sebagainya. Sebagai contoh, tinggi badan bisa saja bernilai 170 cm atau 178,45 cm (desimal), usia seseorang dapat saja bernilai 30 tahun atau 29,5 tahun.
Dalam praktek, data metrik dibagi lagi menjadi Data Interval dan Data Rasio. Keduanya mirip, perbedaan hanya pada ciri adanya data absolut yang terdapat pada data rasio. Contoh paling populer untuk data interval adalah temperatur ruangan yang dapat dinyatakan dengan derajat (Celcius, Fahrenheit, Reamur).
Disini tidak ada ukuran temperatur yang mutlak, semua tergantung pada ukuran yang digunakan. Misalkan akan diukur air beku pada temperatur berapa?

Berbeda dengan data interval, data rasio mempunyai titik nol riil atau mutlak. Banyak data dalam kehidupan sehari-hari yang berbasis data rasio. Misalnya berat badan, jika seseorang ditimbang dan mempunya berat badan 40 kilogram, dapat dikatakan berat badan orang tersebut adalah 40 kilogram. Jika tidak ada berat apapun, dapat dikatakan berat badan adalah 0 kilogram.
Secara statistik akan lebih baik jika data yang akan diproses adalah data rasio, data yang mencerminkan keadaan riil seperti data rasio akan lebih dapat diinterpretasi daripada data nominal atau ordinal yang hanya melakukan kategorisasi.
Banyak prosedur statistik yang dikembangkan untuk memproses data dengan syarat data adalah data rasio atau data interval, seperti uji t atau Anova. Teknik tersebut dinamakan statistik parametrik. Juga banyak teknik statistik multivariat seperti analisis regresi berganda, analisis faktor dan lainnya yang juga mensyaratkan data rasio, pada data non rasio akan digunakan pendekatan dan interpretasi khusus.

Sumber Tulisan : 
Singgih Santoso, 2010, Statistik Multivariat, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta.


EmoticonEmoticon