Rabu, 30 Oktober 2013

Menjadi Guru dan Dosen Era Baru

Patut kita sambut dan apresiasi, jika Dosen dan Guru sekarang ini dituntut untuk mampu memberikan dan melakukan inovasi-inovasi dalam mengembangkan metode dan media dalam pengajaran yang dilakukannya.
Hal ini semata-mata bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran, sehingga akan berdampak pada menigkatnya kemampuan dan keterampilan bagi peserta didik yaitu siswa dan mahasiswa.
Metode mengajar yang sekarang ini telah menjadi acuan dan paradigma baru bagi para guru atau dosen adalah metode pengajaran "Student Center Learning", metode ini adalah metode mengajar yang menitik beratkan pada keaktifan peserta didik, bukan lagi keaktifan guru atau dosen seperti sebelumnya.
Guru atau dosen disini berperan sebagai mediator dan fasilitator, sehingga diharapkan dengan lebih aktifnya para peserta didik maka akan semakin baik pula kualitas para peserta didik.
Metode mengajar yang sedemikian baiknya, terkadang belumlah cukup untuk mendongkrak mutu pengajaran, namun perlu juga didukung media pengajaran yang lebih baik dan dapat mengikuti perkembangan jaman.
Media Online tampaknya sekarang ini mempunyai peran penting untuk mendukung keberhasilan pengajaran yang guru atau dosen lakukan. Mengapa demikian, karena memang untuk sekarang ini media online yaitu internet sudah menjadi menu utama dan kebutuhan bagi setiap orang di jaman yang serba modern ini.
Atas dasar inilah saya berupaya sedemikian rupa memanfaatkan media online internet ini untuk mendukung keberhasilan pengajaran yang saya lakukan.
Dosen atau guru yang mampu memanfaatkan kemajuan jaman inilah yang saya sebut sebagai guru atau dosen "Era Baru".
Apa yang harus kita lakukan untuk menjadi dosen atau guru "Era Baru"...?
1. Membuat Blog atau Website
Contohnya adalah blog ini, dengan adanya blog ini para mahasiswa akan dengan mudah mengakses informasi dan materi yang saya berikan.
2. Jejaring Sosial
Membuat jejaring sosial seperti Facebook, dengan demikian maka mahasiswa akan mudah pula melakukan konsultasi ataupun diskusi online.
3. Membuat Surat Elektronik
Kita dapat memanfaatkan layanan Google "gmail" dan Yahoo atau yang lainnya untuk mendukung proses belajar mengajar, misalnya komunikasi online, pengiriman tugas dan lain-lain.
4. Media Online Video
Ini yang baru saya kembangkan, dengan memanfaatkan media Youtube yang sangat populer ini, saya membuat video materi-materi kuliah yang sampaikan. Keunggulan media ini adalah, mahasiwa akan sangat terbantu dalam penerimaan dan mengingat materi kuliah.
Media-Media Online ini memang sangatlah mumpuni untuk mendukung kebehasilan pengajaran, namun sayangnya hanya sedikit guru atau dosen yang menguasai media-media ini, jangankan menguasai...kadang menggunakan saja tidaklah bisa.
Untuk guru dan dosen diseluruh Indonesia, perlu kita ketahui bahwasannya anak-anak didik kita sekarang ini sudah sangatlah maju dalam penggunaan teknologi, mungkinkah kita hanya berdiam diri saja dengan kemampuan seadanya sedangkan anak-anak yang kita didik sudah jauh berlari mengikuti perkembangan jaman.
Sudahlah jangan berpikir lagi, buktikan jika anda adalah guru dan dosen "Era Baru", malu kan...kalah sama siswa dan mahasiswanya...?


EmoticonEmoticon