Kamis, 24 Oktober 2013

Awas Bahaya Gigitan Ular Tanah

Dalam kurun waktu empat hari yang lalu di perumahan tempat tinggal saya, diketemukan 3 ular berbisa yang berbahaya di rerumputan dan bebatuan pinggir jalan.
Ular berbahaya yang mematikan ini oleh penduduk sekitar dinamakan Bandotan Jedor, ular ini adalah jenis Ular Tanah dengan nama ilmiah Calloselasma Rhodostoma.

Bentuk tubuh ular tanah ini tidak terlalu panjang dan bisa dikatakan pendek, juga cenderung terlihat gendut pada bagian perutnya.
Punggung berwarna cokelat agak kemerahan atau kemerah-jambuan. Sepanjang bagian tengah punggung dihiasi oleh 25�30 pasang corak segitiga besar cokelat gelap, berseling dengan warna terang kekuningan atau keputihan; dan puncak segitiga-segitiga itu bertemu atau berseling.
Yang paling khas dari ular ini alah bentuk kepala segitiga dengan moncong runcing dan ada garis putih diatas matanya.
Ular tanah merupakan hewan predator penyergap, kebiasaannya diam melingkar di tanah atau di direrumputan menunggu mangsanya lewat di dekatnya.
Habitat ular tanah ini adalah hutan belukar, semak-semak, atau lahan pertanian yang kurang terurus. Sering ditemukan di sekitar pemukiman.
Makanan ular tanah antara lain adalah hewan pengerat, burung, kadal, dan katak.
Ular tanah adalah jenis hewan aktif di malam hari (nokturnal). Ular tanah sangat agresif dan dapat menyerang dengan cepat. Badannya akan memipih lebar disaat merasa terancam dan siap menyerang.
Akibat Gigitan ular tanah ini sangat menyakitkan, menimbulkan pembengkakan, dan bisa terjadi kematian apabila tidak segera mendapat pertolongan.
Obat gigitan ular tanah :
Obat yang dapat dipergunakan untuk gigitan ular tanah adalah Serum Anti Bisa Ular Polivalen.
Obat ini cukup mahal (Rp. 500.000) dengan masa kadaluwarsa 2 tahun. Dengan harga yang mahal, masa kadaluwarsa yang tidak terlalu panjang plus kasus pasien dengan gigitan ular yang jarang, bisa jadi rumah sakit sekitar anda tidak memiliki sediaan obat ini.
Okelah cukup sekian bahasan tentang ular tanah, berhati-hatilah dengan menggunakan sepatu dan celana apabila anda berjalan disemak, dan mulailah bersihkan lingkungan anda, jaga anak-anak anda jangan sampai bermain disemak dan tempat yang berpotensi ada ularnya.
Ular ini sangat mematikan maka waspadalah, jangan sampai anda menyesal setelah kejadian.


EmoticonEmoticon