Kamis, 13 September 2012

Dental Deposits (Meteria Alba)

Materia Alba adalah suatu deposit lunak, berwarna kuning atau putih keabu-abuan yang melekat pada permukaan gigi, restorasi, kalkulus dan gingiva, tidak mempunyai struktur yang spesifik serta mudah dihilangkan dengan semprotan air, akan tetapi untuk menghilangkan secara sempurna diperlukan pembersihan secara mekanis.
Materia Alba dapat menyebabkan iritasi lokal pada gingiva sehingga dapat merupakan penyebab umum terjadinya gingivitis atau radang gusi, efek iritasi oleh materia alba ini kemungkinan disebabkan oleh bakteri serta produk-produknya.
Deposit ini pelekatannya kurang erat bila dibandingkan dengan dental plak, deposit ini dapat terlihat jelas tanpa menggunakan disclosing solution dan seringkali cenderung menumpuk pada 1/3 gingival mahkota gigi dan pada gigi yang malposisi.
Deposit ini terbentuk pada permukaan gigi yang baru dibersihkan dalam beberapa jam dan pada waktu tidak digunakan untuk pengunyahan.
Dahulu diduga bahwa materia alba ini terdiri dari food debris, akan tetapi sekarang diketahui bahwa materia alba ini terdiri dari masa organisme, sel-sel epitel yang mengalami degenerasi, leukosit, gabungan dari protein saliva dan sisa makanan.


EmoticonEmoticon