Kamis, 29 Maret 2012

Resep Pastel Ayam Jamur

Jika sebelumnya saya sudah bagi Resep Udang Goreng Saus Asam Manis, Sekarang saya mau bagi-bagi resep snack yaitu pastel. Hayo siapa yang tidak tau pastel...? Semua pasti tau dong dengan makanan ini...? Ya iyalah tau..Lha wong makanan ringan ini sangat populer dan selalu ada kalo ibu-ibu pada ngumpul arisan...ya kan...?
Kalo biasanya pastel hanya isi daging ayam, nah kali ini akan kita kombinasikan dengan jamur, jadi namanya Pastel Ayam Jamur. Menurut ibu-ibu se RT saya sich enak...! Anda mau resepnya...? Nich saya kasih dech resepnya...!

Bahan untuk membuat pastel ayam jamur sebagai berikut :
1. Tepung terigu protein sedang 420 gram
2. Gula pasir 1 sendok makan
3. Garam 2 sendok teh
4. Minyak sayur 4 sendok makan
5. Ragi instan 1 sendok makan, larutkan dengan 4 sendok makan air
6. Air 185 ml
7. Kuning telur 1 butir
8. Margarin 1 sendok makan
9. Wijen putih secukupnya
Bahan isi pastel :
1. Fillet ayam 200 gram, potong dadu kecil
2. Jamur kancing 110 gram, iris tipis
3. Paprika kuning 100 gram, potong segitiga
4. Bawang bombay 75 gram, cincang
5. Bawang putih 2 siung, cincang
6. Pasta tomat 1 sendok makan
7. Kaldu ayam bubuk 1 sendok makan
8. Garam secukupnya
9. Merica bubuk 1 sendok teh
10. Keju mozzarella 75 gram, serut
11. Air kaldu 50 ml
12. Margarin 2 sendok makan
Cara membuat pastel ayam jamur sebagai berikut :
1. Isi : Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan ayam, tumis hingga berubah warna. Tambahkan pasta tomat, aduk. Tuang air kaldu, beri kaldu ayam buubuk, garam dan merica. Masukkan jamur kancing dan paprika. Masak hingga air menyusut, angkat dan sisihkan.
2. Campur tepung terigu bersama gula pasir, garam dan minyak. Aduk hingga berbutir.
3. Masukkan larutan ragi instan dan tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Letakkan dalam kom beroles margarin dan tutup dengan plastik wrap, diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga mengembang.
4. Timbang adonan seberat 25 gram, bulatkan dan tipiskan. Letakkan 1 sendok makan isi ditengahnya, beri keju mozzarella. Tutup adonan kulit dan rapatkan bagian tepinya dengan menggunakan punggung garpu. Campur kuning telur dan margarin, oleskan pada permukaan adonan. Taburi dengan wijen. Atur dalam loyang bersemir margarin, tutup dengan serbet hangat dan diamkan kembali selama kurang lebih 30 menit hingga mengembang. Panggang dalam oven bersuhu 250C selama kurang lebih 12 menit hingga matang kecokelatan. Angkat. Keluarkan dari loyang dan sajikan.
Pastel dalam resep ini akan jadi sebanyak 14 buah, jadi kalo ingin membuat pastel yang lebih banyak untuk arisan, ya tinggal ditambah aja bahan-bahannya. Oke cukup sekian Resep Pastel Ayam Jamur, Selamat mencoba ya...!


EmoticonEmoticon