Sabtu, 12 April 2014

Manfaat Perdagangan Internasional

Perbedaan barang-barang yang dihasilkan suatu negara dengan negara lain dapat menimbulkan pertukaran antara negara satu dengan yang lain. Kemudian mendorong terjadinya tukar menukar barang antar negara atau perdagangan antar negara. Perdagangan yang telah melewati batas wilayah negara itu dikenal dengan Perdangan Internasional.

Manfaat Perdagangan Internasional adalah :
1. Mencukupi Kebutuhan Suatu Negara
Dengan adanya perdagangan internasional, maka negara yang membutuhkan suatu barang atau jasa namun tidak dapat menghasilkan sendiri maka negara tersebut akan mengimpor barang atau jasa yang diperlukannya dari negara lain yang memilikinya. Sebaliknya negara yang memiliki kelebihan barang dapat mengekspornya ke negara lain.
2. Negara eksportir Memperoleh Keuntungan
Negara yang mengekspor barang atau jasa akan memperoleh pembayaran berupa uang asing (valuta asing). Hasil pembayaran ini dapat digunakan untuk mengimpor barang yang dibutuhkan.
3. Adanya spesialisasi Produksi Yang Bersifat Internasional
Karena setiap negara berusaha agar barang atau jasanya laku di pasar internasional, maka terjadi persaingan antar negara. Untuk mempu bersaing dengan negara lain, suatu negara akan berusaha agar barang atau jasa yang dihasilkan memiliki keunggulan, sehingga barang tersebut dibutuhkan negara lain. 
4. Mendorong Produksi Barang Secara Besar Besaran
Setiap negara berusaha memperluas pemasaran barang hasil produksinya. Produksi barang atau jasa secara besar-besaran akan dilakukan suatu negara jika banyak negara yang membutuhkan barang atau jasa yang dihasilkannya tersebut. 
5. Meningkatkan Hubungan Persahabatan Antar Negara
Melalui perdagangan internasional, negara-negara yang terlibat akan semakin banyak. Keterlibatan banyak negara tersebut apabila terbina dengan baik, dapat meningkatkan hubungan persahabatan antar negara yang satu dengan yang lain.
6. Mendorong Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Untuk mempertahankan dan meningkatkan pemasaran barang atau jasa di luar negeri, setiap negara pengekspor perlu meningkatkan mutu barang dan jasanya. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya peningkatan mutu barang atau jasa menjadi lebih baik. Dengan demikian suatu negara penghasil perlu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih.
7. Memperluas Lapangan Kerja
Dengan banyaknya permintaan atau kebutuhan barang atau jasa suatu negara, maka secara otomatis produksi barang atau jasa akan bertambah. Peningkatan produksi barang atau jasa tersebut dapat membuka peluang baru yaitu meperluas lapangan kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran.
  • Sumber Bahan Sekolah : Tim Abdi Guru, 2006, IPS TERPADU untuk SMP Kelas IX, Penerbit Erlanga Surabaya.


EmoticonEmoticon