Jumat, 01 Juni 2012

Sejarah Kerajaan Singosari

Sejarah Kerajaan Singosari merupakan merupakan sejarah kerajaan yang banyak dilakonkan pada film-film Indonesia selain Sejarah Kerajaan Majapahit. Jika Kerajaan Sriwijaya merupakan Kerajaan yang terkenal dengan kemakmurannya karena merupakan jalur perdagangan internasional kala itu, Kerajaan Singosari terkenal dengan kisah yang penuh dengan intrik dan liku-liku perjalanan hidup yang menarik sehingga ceritanya banyak difilmkan.
Berikut ini saya jelaskan tentang Sejarah Kerajaan Singosari :
1. Berdirinya Kerajaan Singosari
Kerajaan Singosari berdiri pada tahun 1222 Masehi.
2. Agama Kerajaan Singosari
Agama Kerajaan Singosari adalah Agama Hindu.
3. Letak Kerajaan Singosari
Kerajaan Singosari terletak di Jawa Timur.
4. Raja Kerajaan Singosari
Raja Kerajaan Singosari yang paling terkenal adalah Ken Arok yang memiliki gelar Sri Ranggah Rajasa Sang Amurwabhumi. Ken Arok awalnya adalah seorang rakyat biasanya, keinginan terbesar dari Ken Arok adalah menguasai Tumapel yang waktu itu dipimpin oleh Tunggul Ametung. Dengan sebilah Keris Mpu Gandring, Ken Arok membunuh Tunggul Ametung sehingga dapat menguasai Tumapel sekaligus memperistri Ken Dedes.
Tunggul Ametung dengan Ken Dedes mempunyai seorang putra bernama Anusapati, sedangkam Ken Arok dengan Ken Umang mempunyai seorang putra bernama Tohjaya. Anusapati yang kemudian mengetahui jika yang membunuh ayah kandungnya adalah Ken Arok, maka Anusapati pun membalas dengan membunuh Ken Arok. Peristiwa terbunuhnya Ken Arok itu terjadi pada tahun 1227. Setelah Ken Arok terbunuh, Anusapati menggantikannya menjadi Raja Singosari.
Selang 21 tahun kemudian yaitu tahun 1248 Tohjaya putra Ken Arok dari istri selir Ken Umang membalaskan kematian ayahnya, sehingga Anusapati terbunuh oleh Tohjaya. Tak lama memerintah Singosari, Tohjaya pun terbunuh oleh Ranggawuni anak dari Anusapati dengan melakukan pemberontakan. Pada saat Ranggawuni yang bergelar Wisnuwadhana berkuasa, keadaan mulai mereda. Ranggawuni memiliki putra bernama Kertanegara yang kemudian menggantikannya sebagai raja setelah turun dari tahta.
5. Puncak Kejayaan Kerajaan Singosari
Puncak kejayaan Kerajaan Singosari terjadi ketika Ken Arok menguasai Kerajaan Kediri yang sebelumnya Singosari menjadi wilayah Kediri. Yang lainnya adalah ketika Kertanegara menaklukkan Bali dan daerah-daerah lainnya sampai luar pulau Jawa.
6. Masa Keruntuhan Kerajaan Singosari
Kerajaan Singosari akhirnya mengalami keruntuhan disebabkan oleh :
a. Pada tahun 1289 seorang utusan Kubilai Khan Kaisar Mongol yang diutus meminta upeti namun ditolak.
b. Kerajaan Singosari harus bersiap mendapatkan balasan dari Kekaisaran Mongol sehingga pertahanan dalam negeri Singosari lemah. Melihat situasi yang menguntungkan tersebut, Jayakatwang yang juga menantu Raja Kertanegara memberontak, sehingga Kertanegara terbunuh.
Demikianlah liku-liku Sejarah Kerajaan Singosari yang dapat saya jelaskan...Semoga bermanfaat...Terima Kasih.


EmoticonEmoticon