Selasa, 04 November 2014

Karakteristik Data Diagnosis Keperawatan

Karakteristik Data Diagnosis Keperawatan
                  Data yang dikumpulkan untuk menunjang diagnosis keperawatan harus mempunyai karakteristik yang lengkap, akurat dan nyata, serta relevan.

a. Lengkap
Seluruh data sangat diperlukan untuk mengidentifikasi masalah keperawatan klien. Oleh karena itu data yang terkumpul harus lengkap agar dapat membantu perawat untuk mengatasi masalah klien.
b. Akurat dan Nyata
Pada proses pengumpulan data perawat mungkin saja melakukan kesalahan dalam menafsirkan data. Untuk mencegah hal itu terjadi, perawat harus berpikir secara akurat (tepat) dan menampilkan data-data yang nyata untuk membuktikan kebenaran data dari apa yang telah didengar, dilihat, diamati dan diukur serta memvalidasi semua data yang meragukan. 

Jika perawat merasa kurang jelas atau kurang mengerti terhadap data yang telah dikumpulkan, maka perawat harus berkonsultasi dengan perawat yang lebih mengerti.
c. Relevan
Pendokumentasian data yang komprehensif harus mengumpulkan banyak data sehingga akan mengambil waktu yang diperlukan perawat untuk mengidentifikasi data-data tersebut. Kondisi ini dapat diantisipasi dengan melakukan pendokumentasian data fokus yang relevan dan sesuai dengan masalah klien pada situasi khusus sehingga akan didapatkan data yang komprehensif namun cukup singkat dan jelas.
Sumber :
Nursalam, 2008, Proses dan Dokumentasi Keperawatan : Konsep dan Praktik, Penerbit Salemba Medika, Jakarta


EmoticonEmoticon